SISWA-SISWI SMPN UNGGULAN MENYELAMI HUTAN MANGROVE

sahabat alquran

Banyak dan ragamnya materi pembelajaran tentu akan semakin menghasilkan output yang maksimal jika materi tersebut diimbangi dengan sering dan besarnya prosentasi praktek terhadap materi tersebut apalagi jika materi dalam pembelajaran menyangkut dan memang harus dipraktekan secara nyata oleh peseta didik.

Diantara dalam upaya memenuhi hal itu, sebuah sekolah di daerah kecamatan sindang kabupaten Indramayu Jawa Barat yaitu SMP Negeri Unggulan Sindang mengadakan kegiatan dengan memuat tajuk Ekowisata Mangrove pada hari sabtu tanggal 14 september 2019 yang menurut schedule dimulai dari pukul 07.30 sampai dengan pukul 16.00 WIB.

Sebuah kegiatan yang diantaranya berupaya mempraktekan tentang bagaimana mengetahui dan merasakan mengalirnya sebuah perekonomian masyararakat, menyadari dan mengetahui adanya kultur dan budaya dalam kehidupan sekitar, mengekplorasi kekayaan dan keragaman yang terdapat dalam kawasan mangrove, mengetahui dan mengidentifikasi tentang sejauh mana penggunaan teknologi yang sudah diterapkan dan diimplementasikan, mengetahui dan mengidentifikasi ragam serta keunikan dari lebatnya daun yang tumbuh dan berkembang di hutan mangrove, mengetahui dan mengimplementasikan manfaat dari  bunga yang timbul serta menghiasi pepohonan menjadi sebuah karya nyata dan unik yang diantaranya bisa dituangkan dalam wujud pembentukan sebuah karya lukis dan batik, mengetahui dan memaksimalkan setiap unsur yang terdapat dalam pepohonan hutan mangrove menjadi aneka ragam macam dan minuman yang enak, sehat dan tentunya dijamin kealamiahan serta kehalalannya, dan menurut informasi yang ada masih banyak kegiatan bermanfaat lainnya yang bisa diperoleh sejauh mana peserta didik ini mau dan mampu mendalami dan menyelami dari keberadaan hutan mangrove di pantai karang song Indramayu.



Kegiatan Ekowisata Mangrove digagas oleh bapak Sutarjo, S.Pd, seorang guru Ilmu Pengetahuan Alam SMP Negeri Unggulan ini bak gayung bersambut ketika gagasannya disetujui dan didukung oleh semua guru mata pelajaran dan terutama oleh Drs. Sutrisna sebagai kepala SMP Negeri Unggulan Sindang.

Diantara bentuk dukungan dari guru-guru mata pelajaran adalah ikut terlibat dan mendampinginya beberapa guru yang diantaranya adalah Drs. Nawawi, Ucu Syifa Rosidah, S.Pd, Sarkiwan, M.Pd.I, Wahyuningsih, S.Pd, Nunung Sutarsah, S.Pd, Jihan Ma’arij, M.Pd, Fauziyah, S.Pd, Ugin Lugina, S.Pd, Dian, S.Pd, Siska, S.Pd, Elin Herlina, S.Pd, Wahyu Eka, S.pd, dan M.Firman Suwarya, M.Kom.

Juga tidak ketinggalan tentunya Drs. Sutrisna sebagai kepala SMP Negeri Unggulan Sindang yang didampingi istri yaitu Dra. Sri Sadaryati mengunjungi dan berdialog langsung dengan semua peserta didik di tempat lokasi sebagai salahsatu bentuk dukungan realnya dalam kegiatan tersebut.




Sementara itu lokasi dari kegiatan ini terdiri dari dua bagian yaitu lokasi di hutan mangrove dan rumah berdikari,  dengan sepuluh agenda STEM kegiatan yaitu wedang pesisir, nugget, rempeyek, batik, sirop, urab, dodol, puding, bolu, dan keripik.

Mengingat belum memadainya antara jumlah peserta didik yang mengikuti dengan kapasitas rumah berdikari serta untuk memaksimalkan hasil yang diingikan, maka dalam pelaksanaannya kegiatan Ekowisata Mangrove ini dibagi menjadi dua bagian dimana masing-masing bagian terdiri dari lima kelompok pertama menuju ke hutan mangrove sementara lima kelompok lainnya berada dan belajar di rumah berdikari.  

Kesigapan dan keterampilan dari team Rumah Berdikari yang dipimpin oleh Bapak Latief ini membuat semua peserta didik mampu dan menguasai semua materi, cara menerapkan dan mengolahnya ditambah lagi hasil dari kegiatan tersebut semua peserta didik secara bebas langsung mampu mencicipi dan merasakan dari produk yang mereka buat.

Sementara itu kecekatan dan kegesitan dari team yang berada di hutan mangrove sendiri kepada semua peserta didik dalam melayani, berkomunikasi, dan memperkenalkan kekayaan potensi luar biasa yang terdapat dalam dan sekitar hutan mangrove berupa bentuk  bagaimna cara mengenali, mengidentifikasi, mengolah dan menerapkan ragam potensi seakan membuat dan melahirkan ribuan potensi dan inovasi terbaru yang menjanjikan.
(mfs_red_smpnunggulansindang).

 

 

Hayoo klik Video dibawah ini untuk melihat keseruannya:

By_Jihan Ma'arij, M.Pd


By_Wahyu Eka S, S.Pd


By_Ucu Syifa Rosyidah, S.Pd




Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !